7 Cara Belanja Mingguan yang Sehat Ala SehatQ

belanja mingguan

Belanja mingguan bagi ibu ibu merupakan kewajiban yang harus dia lakukan. Paling tidak dalam satu minggu itu dia meluangkan waktu untuk memenuhi kebutuhan dalam satu minggu ke depan. Tujuannya yaa pasti untuk memudahkan berbagai kebutuhan keluarga dalam satu minggu sehingga mereka bisa melakukan hal lain dengan lebih cepat.

Belanja mingguan juga harus ada listnya yaa ibu ibu jangan sampai kalian membeli barang yang sebenarnya bukan kebutuhan yang perlu perlu banget. Dengan begitu pengeluaran akan lebih terjaga, lebih hemat dan kamu bisa mengalokasikan dana sisa untuk kebutuhan lainnya.

Nah kali ini kita akan berikan tipsnya bagaimana merencanakan belanja mingguan, barang apa yang harus kalian beli dan persiapkan. Misalnya bahan makanan, obat yang habis, tissue, sabun, dan sebagainya. Kalian juga harus merencanakan berapa banyak yang harus kalian beli sehingga nantinya tidak terbuang sia sia.

Tips Biar Belanja Mingguan Lebih Efektif

Berdasarkan pembahasan yang ada di situs SehatQ kita bisa menyimpulkan hal apa saja yang harus kita siapkan untuk belanja mingguan. Bukan hanya obat tetapi kebutuhan lain penunjang kesehatan juga harus kita supply setiap minggunya.

Berikut ini cara yang akan membuat belanja mingguan kamu menjadi lebih sehat, praktis, efektif dan tentunya lebih hemat juga yaa.

  • Membuat Daftar Belanjaan

Yuupps betul banget, pertama yaa kita memang harus buat daftar belanjaan. Usahakan membuat daftar belanjaan yang terperinci mulai dari ukuran yang harus kamu beli, seberapa banyak, dan pastinya membeli barang yang penting saja.

Tujuannya agar kebutuhan kamu terpenuhi, belanjaan kamu tidak melenceng dari kebutuhan kamu selama seminggu.

  • Menentukan Kategori

Selanjutnya kamu juga perlu mengkategorikan belanjaan kamu, dimana kalau beli bahan makanan ya harus beli yang bernutrisi. Mulai dari dari buah buahan, sayuran, lauk pauk yang kaya protein dan sebagainya.

Kalau itu prioritas belanjaan kamu, maka lanjut dengan kategori yang lebih kecil. Diantaranya berapa banyak frozen food yang mau kamu beli, berbagai biji bijian, beli gandum atau tidak, susu, berbagai obat, berbagai minuman dan lain sebagainya.

  • Meal Planning

Meal planning juga akan memudahkan kamu dalam proses belanja loh. Kamu jadi tau apa saja yang harus kamu beli dalam seminggu. Jangan lupa kamu juga harus menyesuaikan dengan banyaknya pekerjaan ataupun kesibukan kamu seminggu ke depan. Apakah kamu sempat memasak untuk makan pagi, siang, malam atau hanya salah satunya saja.

Jika kamu hanya memungkinkan untuk memasak pagi hari saja maka kamu cukup buat tujuh menu. Intinya pertimbangkan kesibukan kamu, sehingga kamu tidak perlu belanja untuk satu minggu full dan makan tiga kali sehari, hal tersebut tentu akan buang buang bahan masakan saja kan.

  • Memeriksa Barang yang Masih Ada di Rumah

Memeriksa barang sebelum belanja juga harus menjadi kebiasaan yaa. Kamu harus memilah mana barang yang harus kamu buang, tidak bisa dipakai lagi dan sebagainya. Lihat tanggal kadaluarsanya terutama bahan makanan yang kamu punya, stock obat kamu dan sebagainya.

Penyortiran seperti ini memang memakan waktu tapi kamu harus meluangkan waktumu yaa sekali seminggu. Agar kulkas tidak menumpuk dengan barang yang kurang berguna, dan tentunya dapur pun akan menjadi lebih rapi.

Fokuslah juga pada sayuran yang masih tersisa di kulkas kamu, apakah masih layak atau harus dibuang, periksa kemasan susu dan buah.

  • Membaca Label Kemasan

Agar kamu bisa mendapatkan produk yang sehat maka kamu harus membaca label kemasan sebelum membelinya. Kamu bisa lihat tabel nutrisi yang ada di kemasan dan dari sana kamu bisa menentukan mana yang harus kamu beli.

  • Hindari Belanja Ketika Lapar

SehatQ juga menyarankan untuk kalian tidak berbelanja ketika lapar karena memicu tindakan impulsif, sehingga kamu akan lebih kalap belanja. Menjadikan kamu berbelanja di luar barang yang kamu butuhkan.

  • Belanja dengan Perimeter Shopping

Maksudnya adalah kamu harus fokus belanja mingguan, dimana kamu harus berada di section sayuran dan bahan makanan lain. Kalau di supermarket berarti kamu harus fokus di bagian pinggir untuk mendapatkan sayur, buah buahan, lauk pauk, dan bumbu. Kemudian jalan ke tengah untuk kategori lainnya seperti frozen food, kacang kacangan, sereal, obat, dan sebagainya.

Intinya isi troli dengan produk utama yang kamu butuhkan baru lanjut untuk menambah stock produk yang bukan prioritas kamu.

Nah itulah tadi beberapa tipsnya kalau kamu mau belanja mingguan. Oh yaa jangan lupa perbarui stock obat dan vitamin yang ada di rumah kalian guna menunjang kesehatan kalian selama sibuk beraktivitas baik di dalam rumah maupun di luar rumah yaa.