Pahami 4 Hal Ini Sebelum Menabung

bunga tabungan

Perkembangan zaman dan adanya pandemi membuat kebutuhan menabung menjadi prioritas. Pandemi semakin meyakinkan semua orang bahwa life happens dan pada situasi krisis, memiliki emergency money dalam bentuk tabungan bisa menghindarkan dari kemungkinan terburuk.

Dari beragam alternatif, menabung di bank masih menjadi pilihan mayoritas masyarakat. Meski terkadang mengalami kebocoran, namun keamanan buat tabungan di bank masih lebih unggul dibanding alternatif lainnya. Selain itu, membuat tabungan di bank juga menawarkan kemudahan aksesibilitas karena adanya ATM, fasilitas rekening online, dan lain sebagainya.

Tak lupa, membuat tabungan di bank juga menawarkan keuntungan yang jelas, yaitu adanya bunga tabungan.

Kamu tentu sering mendengar tawaran besaran persen yang akan didapat dari bunga tabungan apabila memilih untuk buat tabungan di suatu bank tertentu.

Besaran persen bunga tabungan tersebut kemudian memang menjadi salah satu yang perlu dipertimbangkan sebelum membuat tabungan. Meski begitu, bunga tabungan bukanlah satu-satunya pertimbangan.

Berikut merupakan empat pertimbangan yang perlu dipikirkan matang-matang sebelum kamu memutuskan untuk membuat tabungan di bank:

1. Menentukan Tujuan Menabung

Penentuan tujuan dalam pembuatan tabungan di bank sangat mempengaruhi tipe tabungan yang akan diambil.

Apakah kamu ingin membuat tabungan untuk kebutuhan sehari-hari, atau untuk tabungan pendidikan? Apakah tabungan tersebut difokuskan untuk tujuan investasi jangka panjang, atau untuk persiapan biaya pernikahan?

Setiap tabungan akan menawarkan benefit khusus yang sesuai dengan tujuan tabungan tersebut dibuat. Menentukan tujuan membuat tabungan dari awal akan memungkinkan kamu menerima manfaat dan keuntungan terbaik dari bentuk tabungan yang kamu pilih.

Pada contohnya, apabila kamu ingin membuat tabungan untuk jangka panjang, maka kamu bisa menggunakan produk deposito. Deposito biasanya menawarkan besaran bunga tabungan yang lebih tinggi dibanding tabungan biasa, namun hanya bisa diambil dalam kurun waktu tertentu.

Kebalikannya, apabila kamu membutuhkan tabungan yang fleksibel dan memudahkan aksesmu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, kamu bisa membuat tabungan digital seperti milik Permata Bank. Meskipun bunga tabungan yang ditawarkan lebih rendah dari deposito, namun rekening online PermataME menawarkan kecepatan dan kemudahan aksesibilitas, dengan promo menarik yang berguna untuk kebutuhan sehari-hari.

2. Memilih Bank

Dalam memilih bank yang akan digunakan, kamu perlu mempertimbangkan reputasi yang dimiliki oleh bank tersebut. Bank dengan reputasi baik akan memberikan servis yang lebih ramah dan cekatan dalam melayani nasabahnya.

Salah satunya adalah Permata Bank yang mengangkat produk tabungan milenial PermataME menawarkan layanan yang didesain khusus untuk menjawab masalah finansial generasi muda seperti kamu, sehingga kamu tak perlu diragukan lagi kualitas layanannya.

Sudah pasti apabila kamu membuat tabungan PermataME, maka kamu bisa menikmati benefit seperti cashback 10% hingga 30% saat melakukan transaksi online. Memang belum menawarkan besaran bunga tabungan yang menggiurkan, namun cukuplah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

3. Memahami Produk Tabungan dan Fasilitas yang Diberikan

Setiap bank menawarkan produk tabungan yang berbeda, dengan fasilitas yang berbeda pula. Fasilitas tersebut biasanya menyesuaikan dengan tujuan produk bank itu sendiri.

Ada bank yang bisa menawarkan varian kartu debit fisik dan online, ada pula yang menawarkan bebas biaya transaksi ATM, hingga produk investasi dan asuransi yang tergabung dalam tabungan. Ada juga bank yang menawarkan produk deposito dengan bunga tabungan tinggi.

Sebagai generasi milenial, memiliki rekening yang fleksibel dan mudah diakses secara online serta menawarkan beragam keuntungan tentu menjadi prioritas. Untuk itu, membuat tabungan PermataME bisa menjadi pilihan yang tepat.

Dengan PermataME, kamu bisa menikmati fasilitas kemudahan membuat rekening online, mendapat kartu debit yang memudahkan transaksi online, serta promo menarik dari berbagai merchant. Kamu juga bisa menikmati cashback 10% setiap transaksi transportasi online, cashback 20% belanja online serta cashback 30% transaksi ngopi dan nonton.  

4. Memperhatikan Besaran Biaya Administrasi

Terakhir namun tak kalah penting, kamu perlu memperhatikan besaran biaya administrasi yang dibebankan pada nasabah sesuai membuat tabungan di bank tertentu.

Biaya administrasi disini meliputi biaya administrasi bulanan, biaya transfer antar bank, biaya tarik tunai di ATM Bersama.

Kamu harus cermat ya, karena biaya administrasi yang besar bisa saja mengalahkan keuntungan dari bunga tabungan yang besar lho.

Salah satu tawaran menguntungkan untukmu adalah membuat tabungan PermataME, karena PermataME menawarkan gratis biaya administrasi bulanan, serta gratis biaya transfer online  via PermataMobile X, PermataNet, dan ATM juga biaya administrasi dan tarik tunai  di seluruh ATM dalam dan luar negeri berlogo VISA/PLUS (untuk saldo sebelum transaksi minimal Rp 1 juta). Membuat tabungan PermataME juga sangat mudah karena bisa dilakukan di rumah saja, online via gadget yang kamu miliki.

Kesimpulannya, ada banyak hal nih yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membuat tabungan di suatu bank. Meski begitu, PermataME menawarkan kumpulan benefit menarik dan kemudahan akses yang sesuai dengan gaya hidup anak muda.

Jadi, dengan PermataME, semua pertimbangan kamu terpenuhi, dan kamu bisa membuat tabungan dengan rasa aman dan percayalah, niscaya itu adalah keputusan terbaik yang kamu buat!